Wednesday, July 04, 2018

Nostalgia dengan Yahoo Messenger

Yahoo Messenger

Sudah beberapa hari ini saya mendapat perasaan yang amat kuat untuk mencoba lagi Yahoo Messenger dan akhirnya saya mencari website Yahoo Messenger dengan mengetikkan kata "Messenger" di Google Search.
Dan ternyata keyword "Messenger" sudah dikuasai oleh Facebook Messenger, dan setelah saya ketik kata "YM" baru muncul link Yahoo Messenger.
Ya ampun... Yahoo Messenger ternyata sudah kalah pamor...

YM Diskontinyu

Namun setelah saya berhasil menemukan websitenya ada sesuatu yang membuat saya tercengang...
Apa itu?
Yahoo Messenger will no longer be supported after July 17, 2018.
Yahoo Messenger akan tidak lagi didukung setelah 17 Juli 2018.


Yahoo Messenger akan diskontinyu setelah tanggal 17 Juli 2018...!!! Media ngobrol favorit saya jaman dulu akan tidak ada lagi!!!

Populer di era awal tahun 2000an

Saya pakai Yahoo Messenger saat awal-awal internet sedang berkembang, setelah sebelumnya saya pakai mIRC, lalu ganti ke Microsoft Comic Chat lalu kemudian ke Yahoo Messenger.

Chatting lewat Komputer

Yahoo Messenger hanya tersedia untuk pemakaian di komputer (desktop atau laptop), jaman itu belum ada Smartphone, tablet atau sejenisnya.
Jadi kita hanya bisa ngobrol jika orang yang akan kita ajak ngobrol menyalakan komputernya dan terkoneksi dengan internet, jika terlihat di orang yang dituju offline kita bisa kirim SMS ke ponsel yang bersangkutan supaya menyalakan komputer dan mengaktifkan YMnya.
Dan di awal tahun 2000an koneksi internet hanya bisa lewat kabel telepon telkom alias pakai modem dial-up, yang untuk berlangganan harganya masih mahal dan dengan jatah kuota sangat kecil, juga selain bayar langganan internet juga harus bayar pulsa telkom untuk koneksinya... dobel-dobel hahaa... 
Juga jika jatah kuota telah habis dengan terpaksa pakai koneksi Internet Telkomnet Instan yang harganya lebih mahal lagi dihitung per menit hehehee... 

Yahoo Messenger Klasik

Ciri khas YM model lama adalah adanya panel vertikal yang bisa ditempatkan di bagian sisi layar monitor, bentuknya mirip dengan aplikasi chatting jaman sekarang yang ada di Smartphone, jadi menurut saya YM ini mendahului jamannya untuk soal desain tampilannya.
Dalam panel panjang ini isinya sangat informatif dan bisa diatur sesuka hati komposisi widgetnya, dan yang saya suka lagi ialah bisa diganti skin atau kulitnya, jadi full color dan full gambar, dan ada banyak penyedia skin YM yang sangat variatif dengan tema tertentu tersedia.

Yahoo Messenger

Tampilan Yahoo Messenger model lama (image)

Yahoo Messenger dengan skin
Yahoo Messenger dengan skin (image)

Widget Status Yahoo Messenger

Nah untuk para pebisnis internet, termasuk saya. Ini sesuatu yang wajib dipasang pada website atau blog Anda... Widget yang menampilkan status YM Anda apakah sedang online atau tidak...

Yahoo Messenger Widget

Yahoo Messenger Widget (image)

Dengan melihat tampilan icon dengan gambar smiley kuning ini bisa diketahui apakah si pemilik website sedang online atau tidak, jika sedang online maka si smiley akan berwarna kuning dan pengunjung website bisa langsung ngobrol dengan pemilik website, tentu saja si pengunjung harus juga memasang software Yahoo Messenger di komputernya.
Jika tampilan si smiley tidak berwarna maka si pemilik website sedang offline, namun si pengunjung website masih bisa meninggalkan pesan offline dengan klik pada icon widget YM ini, dan pesannya akan tersampaikan ke pemilik website jika beliau sudah online.
Terkesan sangat ribet dan rumit? Tapi percayalah metode ini sangat membantu dalam hal berkomunikasi pada jaman itu.

BUZZ

Fitur unik Yahoo Messenger adalah BUZZ!! Apa itu? itu adalah cara untuk mencari perhatian lawan bicara kita jika beliau tidak aktif atau lama dalam menanggapi pembicaraan kita.

Yahoo Messenger BUZZ

Yahoo Messenger BUZZ (image)

Klik tombol BUZZ dan di layar YM lawan bicara akan muncul kata BUZZ dan suara bel di komputernya.

Jika tidak ada tanggapan juga, kirim BUZZ sebanyak-banyaknya haahaaa...

Fitur BUZZ ini juga ada pada aplikasi Blackberry Messenger (BBM) yaitu PING, namun entah kenapa fitur unik ini tidak ada pada aplikasi ngobrol Whatsapp.















































































































































































































































































































































































































No comments: